Langsung ke konten utama

Tips dan Trik Fotografi bagi Pemula Yang Harus Diketahui

Sebagai seorang semula dibidang fotografi, ada banyak hal yang perlu kalian tahu agar bisa mendapatkan gambar yang sempurna. Kuncinya, kalian mau belajar fotografi secara mendalam karena fotografi bukan hanya sekedar mengambil gambar, tapi kalian juga harus tahu tips dan trik fotografi demi menghasilkan foto berkualitas dan sesuai keinginan. Berikut beberapa tips dan trik fotografi bagi pemula yang perlu  diketahui untuk menjadi seorang pro didunia fotografi.

1. Jangan gila untuk membeli peralatan fotografi yang mahal
Kalian bisa mendapatkan foto yang sangat bagus dengan kamera poket saja tanpa harus menghabiskan uang dengan membeli peralatan mahal. Lihatlah contoh-contoh foto terbaik di Flickr  Semakin banyak foto yang kamu ambil, semakin banyak yang akan Kalian ketahui tentang jenis kamera yang harus kalian gunakan.

2. Pertimbangkan penggunaan tripod
Dalam fotografi, tripod menjadi alat paling penting agar mendapatkan gambar yang stabil, terutama jika Kalian memiliki tangan yang gemetar. Ketika  menggunakan tripod maka akan merasakan kepuasan yang luar biasa melihat hasil gambar yang diambil.. Untuk stabilitas yang lebih tinggi, gunakan fungsi pengatur waktu kamera  dengan tripod.

3. Bawa kamera  sepanjang waktu
Objek foto yang bagus sering datang tanpa disadari sementara kalian tidak membawa kamera. Jika Mungkin, kalian bisa selalu membawa kamera kecil didalam saku  sehingga sebisa mungkin dapat memanfaatkan beberapa kesempatan tak terduga tersebut. Atau, jika ponselmu memiliki kamera, gunakan untuk mengambil gambar tak terduga tersebut dan kemudian ambil lagi menggunakan kamera DSLR yang lebih bagus.

4. Buat daftar bidikan foto yang ingin diambil
Untuk saat-saat ketika  tidak membawa kamera, simpan buku catatan kecil untuk mencatat tempat-tempat yang ingin didatangi untuk difoto. Pastikan untuk mencatat semua detail penting, seperti pencahayaan, sehingga Kalian dapat kembali pada waktu yang sama atau saat cuacanya tepat. Jika tidak ingin membawa buku catatan, kalian bisa membuat pengingat dihandphone.

5. Jangan mengabaikan objek-objek disekitar
Kalian mungkin tidak melihat sesuatu yang menarik untuk difoto di ruang tamu atau halaman belakang  tetapi cobalah melihat lingkungan yang bisa dilihat saat mata kalian terasa segar. Kalian mungkin menangkap trik cahaya yang menarik atau menemukan bunga liar yang tak terduga di halaman Kalian. Seringkali subjek yang sederhana dapat menghasilkan bidikan yang sempurna secara tak terduga.

6. Nikmati proses belajar fotografi
Bagian terbaik ketika kalian memiliki hobi  fotografi adalah saat bisa belajar fotografi setiap saat dimana pun kalian berada. Inspirasi ada di sekitar Kalian. Lihatlah semuanya dengan mata seorang fotografer dan kalian akan melihat ada begitu banyak kesempatan yang belum pernah didapatkan sebelumnya.  Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk selalu mencari hal-hal baru dan mempelajari hal baru dalam fotografi.

7. Manfaatkan inspirasi gratis untuk belajar
Ada begitu banyak tempat yang bisa dikunjungi secara langsung maupun secara online. Kalian bisa memanfaat situs Flickr atau situs web seperti GIMP lainnya. Pinterest juga bisa menjadi sumber inspirasimu untuk mendapatkan foto yang menakjubkan. Atau, cukup membuka Google Search dan mencari foto-foto dengan berbagai latar belakang dan sudut pandang.

8. Bereksperimen dengan pengaturan kamera 
Titik dan bidikan Kalian mungkin lebih fleksibel dan kuat dari apa yang kalian ketahui. Baca buku manualnya untuk membantu mengartikan semua simbol-simbol yang berkaitan dengan kameramu. Saat mulai menjelajahi suatu tempat, cobalah memotret objek dengan beberapa pengaturan untuk mempelajari efek apa yang kalian sukai. Saat melihat foto di komputer, kalian dapat memeriksa data EXIF ?untuk selalu mengetahui pengaturan yang digunakan.

9. Pelajari aturan dasar dari fotografi
Jumlah informasi tentang fotografi bisa kalian dapatkan banyak sekali melalui internet. Mulailah dengan membaca beberapa artikel tentang komposisi dalam fotografi. Selalu terbuka dengan apa yang dikatakan fotografer yang lebih berpengalaman tentang tips dan trik fotografi. Kalian  harus tahu aturannya sebelum benar-benar menjadi fotographer profesional.

10. Ambil foto secara berkala
Cobalah memotret sesuatu setiap hari. Jika tidak dapat melakukannya, pastikan meluangkan waktu untuk berlatih secara teratur, jadi Kalian tidak melupakan apa yang telah dipelajari. Cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan melakukan tugas mingguan di Forum DPS.

11. Jangan takut untuk bereksperimen
Jika menggunakan kamera digital, kalian tidak perlu khawatir melakukan kesalahan. Cobalah sedikit untuk bereksperimen hingga mungkin kalian bisa mendapatkan sesuatu yang kalian sukai. Disini, kalian harus belajar banyak dalam proses fotografi agar bisa mendapatkan gambar yang bagus dan menarik.
Nah, itulah beberapa tips dan trik fotografi yang perlu diketahui jika kalian adalah seorang pemula. Mungkin, hasil yang didapatkan saat pertama belajar fotografi tidak cukup bagus, namun semua butuh proses hingga saatnya nanti kalian bisa menjadi fotografer profesional.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gunung Tangkuban Perahu dan Legenda Sangkuriang

Late post again…hiks akibat kemalasan dan suka menunda pekerjaan menulis. Banyak detail yang terlupakan. Tapi Alhamdulillah dokumentasi foto masih ada…hehe. Agak lupa saya kapan berkunjung ke Gunung tangkuban perahu ini, yang pasti sih tahun 2015 lah. Tiket masuk wisata gunung tangkuban perahu             Gunung t angkuban perahu adalah salah satu obyek wisata di Jawa barat , letaknya kira-kira 20 km ke arah utara kota bandung. Saya sendiri berangkat ke Gunung tangkuban perahu melalui pintu keluar tol Pasteur lalu menuju arah Lembang. Karena tidak tahu pasti lokasinya maka saya mengandalkan Google Maps. Sempat was-was karena dibawa ke daerah yang sepi penduduk malah kadang-kadang saking ragu-ragunya saya mengkombinasi arah Google Maps dengan petunjuk penduduk setempat. Akhirnya sampailah saya ke tujuan Gunung tangkuban perahu . Bau belerang sudah mulai menusuk ketika menanjak masuk ke daerah wisata Gunung Tangkuban Perahu ini. Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Belajar Fotografi Otodidak? Ini Dia yang Perlu Diketahui!

Saat ini sudah banyak sekali orang yang mulai tertarik belajar fotografi secara otodidak. Kemudahan membeli kamera sendiri membuat kamu bisa belajar secara mandiri dari berbagai sumber. Bahkan, banyak fotografer yang awalnya hanya belajar otodidak bisa menjadi fotografer profesional saat ini. Nah, apakah kamu akan jadi salah satunya? Jika iya, maka berikut adalah beberapa teknik dasar fotografi yang wajib dikuasai. Belajar dari Sang Master Seperti layaknya murid yang belajar dari gurunya di sekolah, begitu pula dengan belajar fotografi . Sebaiknya kamu mempunyai setidaknya seorang master atau fotografer profesional yang bisa menjadi panutan. Dari sang master inilah, nantinya kamu bisa mengetahui bagaimana teknik-teknik mendalam mengenai proses pengambilan gambar. Meskipun demikian, jangan sampai kamu justru menjiplak hasil foto dari sang master. Walaupun kamu coba mencontoh bagaimana sang master menghasilkan gambar, namun kamu perlu melakukan beberapa modifikasi. Dari mod